KURIKULUM

Capaian Pembelajaran Lulusan

Untuk mendukung terpenuhinya profil lulusan, maka capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan oleh Program Studi Magister Teknik telah merujuk kepada jenjang kualifikasi KKNI, SN-Dikti, dan SKKNI yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus, sebagai berikut:

(1) Sikap

  1. Menunjukkan sikap mandiri dan tanggung jawab dengan mengiternalisasikan semangat kejuangan, kewirausahaan dengan, dan long life learning (S1)
  2. Menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, norma dan etika akademik yang menghargai keanekaragaman yang berkontribusi pada masyarakat (S2)

(2) Pengetahuan

  1. Mampu menerapkan teori sains rekayasa (engineering sciences) pada bidang rekayasa pada sistem terintegrasi; Konsep teoritis dan metode perancangan sistem rekayasa industri secara mendalam (P1)
  2. Mampu menerapkan Teori sistem dan aplikasi matematika optimasi terkini dan pendekatan interdisiplin yang kontekstual dan terkini terkait dengan perancangan sistem terintegrasi (P2)

(3) Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk karya ilmiah atau bentuk setara lainnya sehingga layak diterbitkan dan dipublikasi (KU1)
  2. Mampu melakukan kajian ilmiah dan validasi secara akademik sesesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan teknologi (KU2)
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU3)
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4)

(4) Keterampilan Khusus

  1. Memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan kelestarian lingkungan (KK1)
  2. Mampu melakukan pedalaman atau perluasan keilmuan di bidang perancangan, pengoperasian, dan perbaikan sistem terintegrasi untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalu riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KK2)
  3. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data (KK3)
  4. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas & meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri (KK4)

KURIKULUM MTI